Indonesian Health Journal
Vol. 3 No. 1 (2024): INHEALTH JOURNAL

Pengaruh Marketing MIX 7P Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Mamuju Polda Sulbar

Wattimena, Jans Goldman (Unknown)
Latu, Saparuddin (Unknown)
Basir, Muhammad (Unknown)
Syamsuriyati, Syamsuriyati (Unknown)
Amir, Arfenti (Unknown)
Patarai, Muhammad Idris (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh marketing mix 7P (product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence) terhadap minat kunjungan ulang pasien Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Bhayangkara Mamuju Polda Sulawesi Barat. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 97 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan uji chi-square dan regresi logistik dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki persepsi positif terhadap variabel 7P. Variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap minat kunjungan ulang pasien adalah product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence (p<0,05). Sebanyak 89,7% responden menyatakan berminat melakukan kunjungan ulang. Kesimpulan: marketing mix 7P secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang pasien IGD. Penelitian ini merekomendasikan pihak rumah sakit untuk meningkatkan kualitas layanan, strategi promosi aktif, dan fasilitas pendukung guna memperkuat loyalitas pasien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

inhealth

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Welcome to the official INHEALTH: Indonesian Health Journal website. INHEALTH: Indonesian Health Journal has the content of research results and reviews in the field of selected studies covering various branches of health science. This journal is published Twice (2 Kali) within a year of February ...