Indonesian Journal of Intellectual Publication (IJI Publication)
Vol. 5 No. 3 (2025): Juli 2025, IJI Publication

Perilaku Konsumtif Masyarakat Berdasarkan Perspektif Pendidikan dan Ekonomi Islam

Syamsul, Herawati (Unknown)
Kasman, Kasman (Unknown)
Hasnawati, Hasnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

Perilaku konsumtif digambarkan sebagai perilaku di mana seseorang akan mengeluarkan biaya lebih untuk sesuatu yang bukan bagian dari keperluan atau kebutuhan primernya dalam kehidupannya sehari-hari. Beberapa di antara perilaku ini terhadi dengan kondisi dimana pengeluaran akan lebih besar dari jumlah pemasukan (kemampuan finansial) seseorang. Disamping itu, perilaku konsumtif juga terjadi akibat adanya kebutuhan pengakuan dari orang lain sebagai bagian dari penilaian kesuksesan yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini sangat bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar dalam ajaran Islam yang mengajarkan hidup dalam kesederhaan dan menghindari perilaku mubazir. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggali data yang bersumber dari lokasi atau tempat penelitian, yakni masyarakat di Kota Palopo Sulawesi Selatan. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode deduktif. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa masyarakat Kota Palopo melakukan perilaku konsumtif secara umum diperoleh dari adanya dorongan ingin memiliki suatu barang yang dianggap mewah dan mendapatkan sanjungan dari orang lain sehingga barang yang dibeli tersebut bukan karena kebutuhan hingga hanya dijadikan sebagai koleksi semata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijipublication

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

IJI Publication is a scientific journal published by Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia with the following focus: Social and Political Sciences with a scope includes: Culture & Social Anthropology, Political Science, Cultural & Media Studies, Gender Studies, Population, ...