Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eskperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan hasil belajar IPAS siswa sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran Take and Give berbantuan kartu. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 19 Toro dengan sampel sebanyak 25 siswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar IPAS siswa sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran Take and Give berbantuan kartu. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh bahwa nilai Pretest hasil belajar IPAS siswa berada pada kategori kurang dengan rata-rata 59.20 dan Posttest hasil belajar IPAS siswa berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata 75.20. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 13.443 > ttabel sebesar 2.06390,yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS siswa sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran Take and Give berbantuan kartu siswa kelas V SD Negeri 19 Toro. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Take and Give berbantuan kartu terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 19 Toro Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone.
Copyrights © 2025