Pada materi bangun datar, guru sering hanya menggambar di papan tulis tanpa menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa kesulitan memahami materi. Padahal, siswa kelas III SD berada pada tahap operasional konkret, di mana mereka lebih mudah belajar jika melibatkan manipulasi benda nyata. Akibatnya, banyak siswa belum memahami materi, tujuan pembelajaran tidak tercapai, dan nilai mereka belum maksimal. Tujuan penelitian tindakan kelas supaya bisa memperbaiki hasil belajar siswa dalam pokok bahasan bangun datar dengan menerapkan matematika realistik. Riset ini melaksanakan observasi dengan pra siklus, siklus I serta siklus II. Pembelajaran mengaplikasikan model Realistic Mathematic Education (RME) berhasil memiliki peningkatan hasil belajar yang signifikan yang dapat menunjukkan nilai rata- rata dan ketuntasan belajar selama setiap siklusnya. Sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata yang didapatkan siswa ialah sebesar 64,16 dengan ketuntasan belajar siswa 41,66%. Setelah itu dilakukan tindakan dengan siklus I, mendapatkan nilai rata-rata ialah sebesar 78,3 dengan ketuntasan belajar siswa 83,33%. Pada siklus II, siswa mendapatkan nilai rata-rata yaitu 96,66 dengan ketuntasan belajar 100%
Copyrights © 2025