Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 4 (2025): April

Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Bangun Datar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Aras, Latri (Unknown)
Amran, Muhammad (Unknown)
Alfian, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Pada materi bangun datar, guru sering hanya menggambar di papan tulis tanpa menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa kesulitan memahami materi. Padahal, siswa kelas III SD berada pada tahap operasional konkret, di mana mereka lebih mudah belajar jika melibatkan manipulasi benda nyata. Akibatnya, banyak siswa belum memahami materi, tujuan pembelajaran tidak tercapai, dan nilai mereka belum maksimal. Tujuan penelitian tindakan kelas supaya bisa memperbaiki hasil belajar siswa dalam pokok bahasan bangun datar dengan menerapkan matematika realistik. Riset ini melaksanakan observasi dengan pra siklus, siklus I serta siklus II. Pembelajaran mengaplikasikan model Realistic Mathematic Education (RME) berhasil memiliki peningkatan hasil belajar yang signifikan yang dapat menunjukkan nilai rata- rata dan ketuntasan belajar selama setiap siklusnya. Sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata yang didapatkan siswa ialah sebesar 64,16 dengan ketuntasan belajar siswa 41,66%. Setelah itu dilakukan tindakan dengan siklus I, mendapatkan nilai rata-rata ialah sebesar 78,3 dengan ketuntasan belajar siswa 83,33%. Pada siklus II, siswa mendapatkan nilai rata-rata yaitu 96,66 dengan ketuntasan belajar 100%

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...