Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 3 (2025): Januari

Hubungan Kegiatan Literasi Membaca Sebelum Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar IPAS Siswa Kelas Tinggi SD Inpres 4/82 Melle Kabupaten Bone

Jauhar, Sitti (Unknown)
Jafar, Muhammad Idris (Unknown)
Jusnaeni, Reski (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kegiatan literasi membaca sebelum pembelajaran dengan prestasi belajar IPAS siswa SD Inpres 4/82 Melle Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI SD Inpres 4/82 Melle, dengan sampel sebanyak 35 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampel jenuh. Data penelitian diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yang diperoleh kegiatan literasi membaca sebelum pembelajaran berada pada kategori sangat baik (86,7%), dan prestasi belajar IPAS siswa juga menunjukkan hasil serupa (88,7%). Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kegiatan literasi membaca sebelum dengan prestasi belajar IPAS siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,492 yang termaksud dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kegiatan literasi membaca sebelum pembelajaran dengan prestasi belajar IPAS siswa kelas tinggi SD Inpres 4/82 Melle Kabupaten Bone.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...