Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah
Vol 9 No 2 (2024): Juli-Desember

Pembangunan Nilai Karakter Berbasis Rabbani pada Sistem Pendidikan di SMP IT Permata Kota Probolinggo

Susanti, Anindya Putri (Unknown)
Hidayah, Ulil (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Rabbani menjadi solusi dalam menghadapi tantangan krisis moral di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai karakter Rabbani dan Internalisasinya pada program pendidikan di SMP Islam Terpadu (SMPIT) Permata Kota Probolinggo. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai karakter Rabbani yang diterapkan, pelaksanaan program pendidikan karakter, serta teknik evaluasi yang digunakan dalam mendukung pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMPIT Permata menerapkan nilai-nilai Rabbani seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kedisiplinan melalui integrasi dalam kurikulum, kegiatan keagamaan, dan ekstrakurikuler. Program pendidikan seperti pembacaan Al-Ma’surat, sholat berjamaah, dan kegiatan sosial berperan penting dalam internalisasi nilai-nilai tersebut. Evaluasi dilakukan dengan sistem poin yang mencerminkan perilaku siswa serta supervisi berkala untuk memastikan efektivitas program. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya manajemen sekolah dalam membangun karakter siswa yang berlandaskan nilai-nilai Islami, relevan dengan tantangan era digital. Temuan ini diharapkan menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan karakter di berbagai institusi pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tarbiyatuna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

TARBIYATUNA: Jurnal Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh STIT Ibnu Sina Malang. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun, baik dalam versi cetak maupun online. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada Pendidikan Islam secara umum, dengan topik dan scope kajian: Pendidikan Agama ...