Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan dan mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pemanfaatan chromebook dalam pembelajaran pendidikan agama islam berbasis E-Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Chromebook dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis e-learning merupakan inovasi penting yang memungkinkan peserta didik mengakses materi digital tanpa batasan waktu dan tempat, mendukung transformasi digital pembelajaran PAI melalui integrasi fitur Chromebook melalui fitur Youtube, Google Classroom, Google Drive, Google Slides, Google Docs dan Google Chrome. Sejalan dengan konsep e-learning Rosenberg, namun implementasinya masih menghadapi kendala ketimpangan literasi digital peserta didik. Penelitian di SDN 15 Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menunjukkan bahwa implementasi ini dipengaruhi oleh faktor penghambat seperti keterbatasan infrastruktur, kompetensi teknis guru yang belum memadai, minimnya konten digital, dan kesulitan adaptasi peserta didik, serta faktor pendukung berupa kebijakan sekolah progresif, ketersediaan perangkat, konektivitas internet memadai, program pelatihan guru, dan antusiasme peserta didik. Temuan ini membuktikan teori Rusman bahwa keberhasilan e-learning bergantung pada infrastruktur teknologi, kompetensi pengajar, dan kesiapan peserta didik, di mana keseimbangan mengatasi hambatan dan mengoptimalkan faktor pendukung menjadi kunci transformasi digital pembelajaran agama Islam yang relevan bagi generasi digital di tingkat sekolah dasar
Copyrights © 2025