Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 3, No 1: JANUARI 2018

Analisis Pengembangan Laboratorium Teknik Instalasi Fiber Optik pada Sekolah Menengah Kejuruan untuk Mencapai Standar Kompetensi sesuai dengan SKKNI dan Kebutuhan DU/DI

Ifa Choirunnisa (Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Muladi Muladi (Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Mazarina Devi (Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2018

Abstract

This study aims to see the conformity of infrastructure and TIFO laboratory increasement analysis. This is a descriptive quantitative study. The data collection used observation and questionnaire. The result of descriptive data showed that: 1. the conformity of TIFO laboratory infrastructure and Decree No. 40 years 2008 is in very good condition; (2) The conformity of TIFO laboratory infrastructure and the combination standard of infrastructure needs (SKKNI) and DU/DI needs which was analyzed by competence test is in very good criteria; (3) The analysis of TIFO laboratory increasement in order to reach standard competence based on SKKNI and DU/DI needs showed the mapping result which was in First Quadrant Grand Strategy Matrix.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesesuaian sarana, prasarana, dan analisis pengembangan Laboratorium TIFO. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket. Deskripsi data hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesesuaian prasarana Laboratorium TIFO dengan PerMen No.40 Tahun 2008 termasuk kriteria sangat baik; (2) Kesesuaian sarana Laboratorium TIFO dengan gabungan standar sarana kebutuhan SKKNI dan kebutuhan DU/DI yang dilihat dari Uji Kompetensi termasuk kriteria sangat baik; (3) Analisis pengembangan laboratorium TIFO untuk mencapai standar kompetensi sesuai SKKNI dan kebutuhan DU/DI menunjukkan hasil pemetaan pada kuadran I Grand Strategy Matrix.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...