EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 5 No. 2 (2025)

REVITALISASI PERENCANAAN PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA

Azmi, Muh. Raihan Al (Unknown)
Suyatman, Suyatman (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

ABSTRACT This study aims to explore efforts to improve the quality of education through the revitalization of planning. It employs a qualitative approach, as the data collected are in the form of words rather than numbers. This research uses a library research method by gathering data from sources such as books, journals, and other materials relevant to the topic. The findings reveal that the quality of education in Indonesia remains low, mainly due to an overemphasis on cognitive aspects while neglecting the development of students’ potential and character. Additionally, the centralized nature of educational policy-making presents another challenge. Efforts to improve quality can be pursued through the revitalization of educational planning. Educational planning is a stage in which systematic and clear steps are arranged to achieve desired goals. It includes curriculum planning, learning method planning, educator resource planning, and evaluation planning. Planning serves as an initial framework for the expected outcomes. With proper planning, the direction and process of education become clearer, allowing for reduced errors in implementation. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui revitalisasi perencanaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena data yang didapat berupa kata-kata bukan berupa angka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian telaah pustaka (library research) dengan mengumpulkan data yang didapat dari sumber-sumber yang diperoleh dari buku, jurnal, ataupun bahan-bahan lain yang sesuai dengan tema pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih rendah karena terlalu menekankan aspek kognitif dan mengabaikan pengembangan potensi serta karakter siswa. Selain itu, kebijakan pendidikan yang tersentralisasi juga menjadi hambatan. Upaya peningkatan mutu dapat dilakukan melalui revitalisasi perencanaan pendidikan. Perencanaan pendidikan merupakan tahapan dalam menyusun langkah-langkah secara sistematis dan jelas mengenai proses yang akan dilakukan dalam pencapaian tujuan. Perencanaan pendidikan meliputi perencanaan kurikulum, perencanaan metode pembelajaran, perencanaan sumber daya pendidik, dan perencanaan evaluasi. Perencanaan dapat menjadi gambaran awal tentang hasil yang akan dicapai. Dengan adanya perencanaan dapat memberikan kejelasan arah dan proses sehingga tingkat kesalahan dapat diminimalisir.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...