This study aims to compare the effectiveness of the Project Based Learning (PjBL) model and the direct instruction method in improving student learning outcomes in the Computer Programming course. The research employed a quasi-experimental design using a posttest-only control group design without a pretest. The sample consisted of two parallel classes selected purposively, one serving as the experimental group (PjBL) and the other as the control group (direct instruction). A learning outcomes test was administered at the end of the instructional process. The Shapiro-Wilk test indicated that the data were not normally distributed, while Levene’s test showed that the data were homogeneous. Consequently, data analysis was conducted using the non-parametric Mann-Whitney U Test. The results revealed a statistically significant difference between the two groups. Students in the PjBL group achieved higher average scores and exhibited a more consistent score distribution compared to those in the direct instruction group. These findings suggest that the PjBL model is more effective in enhancing conceptual understanding and learning outcomes in the context of computer programming education. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan direct instruction dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pemrograman Komputer. Penelitian menggunakan desain kuasi eksperimen dengan bentuk posttest only control group design, tanpa dilakukan pretest sebelumnya. Sampel terdiri dari dua kelas paralel yang dipilih secara purposif, masing-masing sebagai kelompok eksperimen (PjBL) dan kelompok kontrol (direct instruction). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang diberikan setelah proses pembelajaran. Uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal, sementara uji homogenitas dengan Levene’s Test menunjukkan bahwa data bersifat homogen. Oleh karena itu, analisis data dilakukan menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Mahasiswa pada kelompok PjBL memiliki rata-rata skor tes yang lebih tinggi dan distribusi nilai yang lebih merata dibandingkan kelompok direct instruction. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Pemrograman Komputer.
Copyrights © 2025