An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021

Pemikiran Pendidikan Islam Sunan Kalijogo dan Sunan Gunung Jati

Khusnah, Daiyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Sunan Kalijogo dan Sunan Gunung Jati adalah dua sosok wali yang begitu berjasa dalam proses Islamisasi Nusantara, khususnya pulau Jawa. Keduanya memiliki latar belakang yang berbeda. Sunan Kalijogo adalah anggota wali songo yang asli dari Jawa sementara Sunan Gunung Jati anggota wali songo kelahiran Mesir. Menariknya tidak satupun dari mengesampingkan edukasi ajaran Islam berbasis kearifan lokal. Makalah ini disusun untuk kembali menjelaskan bagaimana biografi dari Sunan Kalijogo dan Sunan Gunung Jati dan bagaimana pemikiran pendidikan Islam Sunan Kalijogo dan Sunan Gunung Jati. Penjelasan tentang biografi dari keduanya penting untuk kembali ditulis ulang sebab permasalahan utama dari historiografi ialah minimnya data tulisan akan tetapi melimpahnya data lisan hingga menyebabkan data yang real tenggelam dengan data lisan yang penuh destruksi. Penjelasan tentang pemikiran pendidikan Islam dari Sunan Kalijogo dan Sunan Gunung Jati juga penting untuk dikemukakan mengingat banyaknya tulisan-tulisan yang menjelaskan tentang peran duanya dari sisi dakwah, sementara dari sisi pendidikan masih bisa dihitung sangat minim. Artikel ini disusun untuk memasuki ruang kosong tersebut agar terisi dengan maksud melempar gagasan supaya mendapat respon dan tanggapan, dengan tujuan lain ulasan mengenai peran Sunan Kalijogo dan Sunan Gunung Jati dalam bidang pendidikan Islam semakin banyak tertulis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

an-nafah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman focuses on issues found in the field of Islamic Education and Islamic Studies both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, academics, researches, practitioners, and observers in the field of Islamic Education and Islamic Studies ...