An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Vol. 2 No. 1 (2022): Mei 2022

Pemanfaatan Quipper School dalam Pembelajaran Fikih di SMA NU 2 Gresik

Amaliati, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2022

Abstract

Pembelajaran di masa pandemi Covid 19 terfokus pada pembelajaran perbantuan teknologi. Beragam teknologi maupun aplikasi digunakan sekolah-sekolah untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran agar dapat berlangsung dengan baik, hal ini tentunya bertujuan untuk mewujudkan cita-cita pendidikan. Penggunaan Quipper School merupakan salah satu alternatif platform digital untuk membantu guru dan siswa dalam mengelolah dan melaksanakan pembelajaran di masa pandemi Covid 19. Implementasikan ini seperti yang dilaksanakan oleh SMA NU 2 Gresik pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini merupakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan menganalisis dan mendeskripsikan secara detail hasil penelitian. Hasil penelitian ini diantaranya adalah 1) penggunaan Quipper School sangat membantu dalam pelaksanaann pembelajaran Fiqih 2) selain menggunakan Quipper School guru menggunakan aplikasi WhatsApp Group (WAG) dan MS Word sebagai penunjang pembelajaran. Adapun Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran Fiqih menggunakan Quipper School diantaranya adalah 1) guru mengelolah tugas ataupun materi pembelalajaran fiqih 2) peserta didik mempelajari materi dan tugas yang dikirim oleh guru melalui Quipper School 3) selama peserta didik belajar materi dan tugas, guru memberikan feedback pembelajaran. Penggunaan Quipper School tersebut dapat membatu guru dalam mengelolah kelas secara virtual.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

an-nafah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman focuses on issues found in the field of Islamic Education and Islamic Studies both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, academics, researches, practitioners, and observers in the field of Islamic Education and Islamic Studies ...