Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang (2) Bagaimana penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an di MTs At-Taufiq Sambongdukuh. Tujuan penulisan dalam tesis ini adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur‟an di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang. (2) Untuk mengetahui penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang yaitu dengan mengklasifikasikan siswa/santri untuk memasuki jilid sesuai dengan kemampuan masing-masing santri. Hal tersebut berguna agar siswa dapat belajar sesuai kemampuan yang dimiliki, selain itu memilih asatidz pendamping Al-Qur’an yang disesuaikan dengan kemampuan asatidz tersebut dan benar-benar mampu mengajar pada jilid yang akan diajarkan, serta selalu mengadakan program evaluasi pada pembelajarannya. (2) Penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs At-Taufiq Sambongdukuh Jombang yaitu penyampaian materi menggunakan teknik klasikal, baca simak klasikal, dan sorogan individual. Menerapkan hafalan surah pendek dan surah pilihan sesuai target setiap jilid dan menerapkan lalaran surah pendek secara klasikal disetiap akhir pelajaran.
Copyrights © 2022