An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Vol. 2 No. 2 (2022): November 2022

Implementasi Program Kecakapan Penerapan Ibadah (KPI) dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK YPM 1 Taman Sidoarjo

Abidin, Zainal (Unknown)
Mufaizah, Mufaizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Strategi program kecakapan penerapan ibadah (KPI) di sekolah menengah kejuruan (SMK) YPM 1 Taman Sidoarjo 2) Program kecakapan penerapan ibadah (KPI) menunjang pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di sekolah menengah kejuruan (SMK) YPM 1 Taman Sidoarjo. 3) Faktor-faktor yang menghambat dan yang mendukung dari penerapan program kecakapan penerapan ibadah (KPI) dalam menunjang pembelajaran PAI di SMK YPM 1 Taman Sidoarjo. Melalui penelitian fenomonologi deskriptif mengenai Strategi Program Kecakapan Penerapan Ibadah (KPI) Dalam Menunjang pembelajaran Penididikan Agama Islam (PAI) di SMK YPM 1 Taman Sidoarjo. Penelitian ini memberikan hasil:; 1) Strategi program kecakapan penerapan ibadah (KPI) yang menjadi salah satu karakteristik dan program unggulan di Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif (YPM) adalah dengan praktik langsung. Tujuan program ini tentunya sebagai salah satu upaya penanaman nilai agama islam secara langsung, yaitu melalui praktek secara langsung kecakapan-kecakapan ibadah keseharian yang telah mereka pelajari sebelumnya secara teoritis di kelas. 2) Program kecakapan penerapan ibadah (KPI) menunjang pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) karena program KPI lebih menekankan pada materi pengetahuan agama Islam (khususnya tentang ibadah) yang sifatnya menambah serta memperdalam materi agama Islam yang tidak diajarkan di pembelajaran pendidikan agama islam (PAI). 3).Sebagian faktor yang menghambat dalam perjalan KPI sebagian kecil siswa-siswi terkadang lambat dalam setoran materi KPI yang seharusnya dihafalkan atau belum mempunyai persiapan dan juga Sebagian kecil siswa-siswi ada yang masih belum bisa membaca tulisan arab. Adapun sebagian faktor pendukung dalam pelaksanaan program kecakapan penerapan ibadah (KPI) yaitu: Materi yang ada di dalam KPI merupakan kegiatan-kegiatan ibadah yang di lakukan sehari-hari. dan juga adanya instrumen buku, jadi masing-masing siswa- siswi mempunyai dua buku yang satu buku panduan dan yang satu buku prestasi KPI, dua buku ini harus dibawa kepada pembina atau pembimbing KPI setiap kali pertemuan sesuai dengan jadwalnya KPI seperti yang telah ditentukan sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

an-nafah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman focuses on issues found in the field of Islamic Education and Islamic Studies both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, academics, researches, practitioners, and observers in the field of Islamic Education and Islamic Studies ...