Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan program boarding school, tahapan-tahapan menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik di MTs NU Sindujoyo Lumpur Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu dengan mengumpulkan data yang muncul agar kemudian bisa disajikan dan ditarik kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program boarding school di MTs NU Sindujoyo Lumpur Gresik, belum sepenuhnya berprogram boarding school karena merupakan sekolah baru berdiri dan proses penataan fasilitas sarana prasarana menuju ke sekolah boarding school seutuhnya. Dan pada tahapan-tahapan pendidik dalam menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik melalui program semi boarding school, peserta didik sudah terlaksana dengan baik tetapi masih terdapat beberapa hal yang mempengaruhi stimulus respon peserta didik, meliputi tingkat kemandirian peserta didik yang masih belum menanamkan rasa percaya diri dalam dirinya serta masih menggantungkan terhadap peserta didik lain dalam proses mengerjakan tugas mandiri.
Copyrights © 2023