Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di SMK Wijaya Sukodono Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menerapkan lima program utama untuk meningkatkan kualitas guru, yaitu: (1) pelatihan dan workshop yang dirancang secara rutin untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru, (2) supervisi akademik yang dilakukan secara berkala untuk memantau dan mengevaluasi kinerja guru, (3) pemberian motivasi dan penghargaan untuk meningkatkan semangat kerja guru, (4) fasilitasi sumber daya pendidikan, seperti penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran, dan (5) pembangunan budaya kerja positif yang mendorong kolaborasi dan inovasi di lingkungan sekolah. Implementasi program-program ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi guru, efektivitas pembelajaran, dan kualitas lulusan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori manajemen pendidikan, khususnya dalam peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik.
Copyrights © 2024