An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Vol. 4 No. 2 (2024): November 2024

Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MA Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo

Nabikha, Arifa (Unknown)
Fauzi, Fathul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang manajemen penguatan pendidikan karakter siswa di MA Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, dan wakil kepala bidang kesiswaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penguatan pendidikan karakter siswa di MA Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo diimplementasikan melalui empat tahapan manajemen yakni: 1) Perencanaan melibatkan pertemuan koordinatif, perumusan program kerja, alokasi anggaran, dan penyempurnaan rancangan program, peran kepala madrasah sangat sentral dalam merancang aktivitas strategis ini. 2) Pengorganisasian pada program penguatan pendidikan karakter siswa, memiliki struktur organisasi yang jelas dengan hierarki kepemimpinan yang dipimpin oleh kepala madrasah dan dibantu oleh wakil kepala bidang kesiswaan, kurikulum, serta koordinator sekolah. 3) Pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter dilakukan mencakup integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran, keteladanan dari pendidik dan tenaga kependidikan, serta kerjasama dengan orang tua. 4) Proses pengawasan tidak hanya berupa pemantauan berkelanjutan terhadap pelaksanaan program, tetapi juga mencakup evaluasi komprehensif untuk mengukur efektivitas program.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

an-nafah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman focuses on issues found in the field of Islamic Education and Islamic Studies both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, academics, researches, practitioners, and observers in the field of Islamic Education and Islamic Studies ...