JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol. 21 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Khusus

Efektivitas Media Multisensori pada Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak Tunagrahita di SLB YPAC Palembang

Hidayah, Nurul (Unknown)
Mukmin (Unknown)
Nurkamilah, Andara (Unknown)
Yani, Ahmad (Unknown)
Arifin, Ahmad (Unknown)
Febriyansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus memiliki peluang yang sama dengan anak lainnya untuk memperoleh kesempatan belajar, namun seiring bertambahnya Sekolah untuk anak berkebutuhan khusus, ternyata peluang bertambahnya kompetensi yang dikuasai siswa dengan Perhatian khusus ini tidak bertambah, padahal bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang sangat erat hubungannya dengan agama yang dianut oleh siswa. Dengan modal bahasa Arab, siswa ini nantinya akan memiliki tidak hanya kemampuan komunikasi tapi juga, pemahaman terhadap kegiatan ibadah yang dianutnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi peluang terlaksananya pembelajaran bahasa arab pada anak Tunagrahita dengan menggunakan media multisensori. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan metode kombinasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan metode test. Analisis yang digunakan adalah analisis t test untuk uji kuantitatif dan analisis Miles and Huberman untuk uji kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan siswa Tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan treatmen, dengan hasil N Gain score yang menunjukkan bahwa media ini cukup efektif untuk melibatkan banyak sensori yang mampu meningkatkan fokus siswa Tunagrahita dalam belajar bahasa Arab sehingga siswa mampu menyusun huruf menjadi kata meskipun siswa tersebut sebelumnya belum mampu mengidentifikasi dengan baik bentuk huruf hijaiyah yang dipelajari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...