Journal of Economics and Business UBS
Vol. 14 No. 3 (2025): Journal of Economics and Business UBS

Peran Keputusan Pembelian dalam Pengaruh Celebrity Endorsment dan Brand Image terhadap Kepuasan Konsumen

Ayu Aradhea, Nissa (Unknown)
Justiana Astuti, Herni (Unknown)
Tubastuvi, Naelati (Unknown)
Hidayah, Arini (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Keputusan pembelian produk skintific dikalangan milenial dan Gen Z sangat pesat terlebih dengan adanya platform tiktok menjadikan pemasaran produk lebih efektif  dan tepat sasaran pada perkembangan teknologi saat ini. Tujuan Penelitian ini menganalisis pengaruh celebrity endorsement, brand image, dan keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen Skintific. Penelitian kuantitatif dengan metode survei pada 100 mahasiswa dari tiga universitas terbesar di Purwokerto. Studi menggunakkan analisis PLS. Hasilnya, Celebrtty Endorsment dan Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Celebrity Endorsment tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sedangkan Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Namun keputusan pembelian berdampak positif dan signifikan pada kepuasan konsumen. Dan keputusan pembelian dapat memediasi celebrity endorsment pada kepuasan konsumen dan memediasi brand image pada kepuasan konsumen. Strategi pemasaran yang hanya berfokus pada celebrity endorsement tanpa didukung oleh kualitas produk dan brand image yang kuat mungkin hanya efektif untuk mendorong pembelian awal, tetapi kurang mampu menciptakan kepuasan dan loyalitas jangka panjang. Penting bagi pemasar untuk memahami bahwa celebrity endorsement berperan sebagai pendorong keputusan pembelian, yang kemudian harus diikuti oleh pengalaman positif dari produk untuk mencapai kepuasan konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics & Business UBS adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh STIE UniSadhuGuna. Jurnal Indonesia Sosial Sains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan ekonomi. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan ...