Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Berbantuan Media Modul Praktikum Terintegrasi Green Chemistry Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Keruak

Hidayati, Ru’yatul (Unknown)
Loka, I Nyoman (Unknown)
Sofia, Baiq Fara Dwirani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Metode pembelajaran eksperimen berbantuan media pembelajaran modul praktikum dapat memudahkan guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran eksperimen berbantuan media modul praktikum terintegrasi green chemistry terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Keruak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest posttest control group design. Kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 terpilih sebagai sampel penelitian yang diambil dari populasi seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Keruak melalui teknik pengambilan cluster random sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode pembelajaran eksperimen berbantuan media modul praktikum terintegrasi green chemistry untuk kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa ranah kognitif. Data hasil belajar diperoleh dengan pemberian tes pilihan ganda di awal pertemuan (pretest) dan di akhir pertemuan (posttest). Pada penelitian ini, data dianalisis dengan uji N-Gain dan uji-t. Uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,50 lebih besar dari uji N-Gain kelas kontrol yaitu sebesar 0,15 yang menginformasikan bahwa perolehan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Pada uji anakova diperoleh nilai  (57,42) lebih besar daripada nilai  (4,01) yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran eksperimen berbantuan media modul praktikum terintegrasi green chemistry terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Keruak. Berdasarkan hasil uji N-Gain dan uji anakova tersebut disimpulkan bahwa metode pembelajaran eksperimen berbantuan media modul praktikum terintegrasi green chemistry berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Keruak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...