Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol. 11 No. 1 (2025): JUNE 2025

Hubungan Pengelolaan Perpustakaan dengan Minat Kunjung ke Perpustakaan Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 75 Locok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang

Jafar, Muhammad Idris (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)
Nurhayati, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional simetris dan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pengelolaan perpustakaan dengan minat kunjung siswa kelas tinggi SD Negeri 75 Locok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 75 Locok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel cluster random sampling sebanyak 51 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisi menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh pengelolaan perpustakaan dan minat kunjung siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 77,75% dan minat kunjung siswa dengan nilai rata-rata 79,05%. Berdasarkan hasil statistik inferensial menujukkan rhitung > rtabel (0,450 > 0,281) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengelolaan perpustakaan dengan minat kunjung siswa kelas tinggi SD Negeri 75 Locok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Besarnya hubungan pengelolaan perpustakaan dengan minat kunjung siswa adalah sebesar 20,25%. Sedangkan sisanya 79,75% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...