TARBAWIYAT: Jurnal Kependidikan
Vol 4 No 01 (2025): Tarbawiyat: Jurnal Kependidikan

Implementasi Media Quizizz dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa

Rahmawati, Nur Laila (Unknown)
Asnawi, Asnawi (Unknown)
Anas, Malikul (Unknown)
Sa’adah, Diva Nur (Unknown)
Faridaturrohmah, Faridaturrohmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Abstract The purpose of this study is to describe the implementation and effectiveness of Quizizz as a medium to improve Arabic reading skills (maharah al-qira'ah) in children. This reading skill includes the ability to read Arabic text fluently, translate it, and understand it properly and correctly. Reading skills play a crucial role in understanding written information. An innovative way to enhance this skill is by using interactive learning media such as Quizizz. This research employed a descriptive qualitative method. The findings indicate that the use of Quizizz—through formats like images, story sentences, and dialogues—can effectively improve children's reading skills. Learning activities become more dynamic, making children highly engaged, active, cheerful, and motivated to learn and read Arabic texts. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi dan efektivitas media Quizizz dalam meningkatkan keterampilan membaca (maharah al-qira'ah) bahasa Arab pada anak-anak. Keterampilan membaca ini mencakup kemampuan membaca teks bahasa Arab dengan lancar, menerjemahkan, serta memahaminya dengan baik dan benar. Keterampilan membaca memegang peranan penting untuk memahami informasi tertulis. Salah satu cara inovatif untuk meningkatkannya adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif seperti Quizizz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz dengan format gambar, kalimat cerita, dan dialog dapat secara efektif meningkatkan keterampilan membaca anak. Aktivitas pembelajaran menjadi lebih hidup, membuat anak-anak sangat terlibat, aktif, ceria, dan termotivasi untuk belajar serta membaca teks bahasa Arab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tarbawiyat

Publisher

Subject

Education Other

Description

TARBAWIYAT: Jurnal Kependidikan adalah jurnal yang diterbitkan 2 kali dalam setahun yakni pada bulan Desember dan Juni oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al-Akbar Surabaya. Jurnal ini mengkaji berbagai riset kependidikan dalam berbagai aspek. Ruang lingkup lingkup ...