LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature)
Vol. 2 No. 1 (2022): Lingggau Journal Language Edcation And Literature

Pengembangan Modul Menulis Pantun Siswa Kelas X SMA Xaverius Lubuklinggau

Juwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul yang dapat digunakan siswa kelas X SMA Xaverius Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan mengadaptasi model pengembangan Jolly & Bolitho dan Dick, Carey & Carey. Untuk memperoleh informasi kelayakan bahan ajar, dilakukan validasi oleh para ahli dan uji lapangan terbatas. Validasi dilakukan terhadap kelayakan materi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan oleh 3 orang dosen ahli. Data dalam uji lapangan diperoleh melalui tes tertulis. Subjek dalam uji lapangan terbatas terdiri dari 25 siswa kelas X SMA Xaverius Lubuklinggau. Berdasarkan analisis hasil validasi ahli, bahan ajar berbentuk modul Mari Menulis Pantun yang dikembangkan dapat dikategorikan baik atau layak. Hasil tes menulis pantun memperlihatkan peningkatan rata-rata dari 66,88 menjadi 80,76 (selisih 13,88). Dengan demikian, modul Mari Menulis Pantun hasil pengembangan memberikan efek potensial dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis pantun dan layak digunakan di SMA Xaverius Lubuklinggau.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljlel

Publisher

Subject

Arts Education

Description

LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature) is a journal in the field of language learning, and literature, both Indonesian, regional and foreign. The LJLEL Journal is an OJS journal in the field of language and literature learning, both in Indonesian, and regional languages ​​and ...