LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature)
Vol. 2 No. 2 (2022): Linggau Jurnal Language Education and Literature

Penerapan Media Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri Sukakarya

Puspita, Fitra (Unknown)
Triyogo, Agus (Unknown)
Rosalina, Eliya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas III SD Negeri Sukakarya setelah diterapkan Media Cerita Bergambar secara signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Pre-test dan Pos-test. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam penelitian sampel yang digunakan adalah sampling jenuh adapun sampel dalam penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yan digunakan peneliti berbentuk soal essay yang berjumlah 8 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji “Z”. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemudian dikonsultasikan dengan pada daftar distribusi “Z” denan taraf signifikan α = 0,05 sehingga diperoleh nilai dan nilai maka dengan hal ini maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media cerita bergambar dapat menuntaskan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Sukakarya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljlel

Publisher

Subject

Arts Education

Description

LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature) is a journal in the field of language learning, and literature, both Indonesian, regional and foreign. The LJLEL Journal is an OJS journal in the field of language and literature learning, both in Indonesian, and regional languages ​​and ...