ABSTRAK Tujuan penelitian ini menghasilkan modul mengidentifikasi informasi teks ulasan berbantuan gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri Prabumulih II. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R & D). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji kevaliditasan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Berdasarkan hasil validasi ahli desain mendapatkan nilai 0,68 dengan kategori valid, validasi ahli materi mendapatkan nilai 0,78 dengan kategori valid, sedangkan validasi ahli bahasa mendapatkan nilai 0,78 dengan kategori valid. Uji kepraktisan one to one mendapatkan nilai dengan persentase 93,4% kategori sangat valid dan evaluasi kelompok kecil dengan persentase nilai 91% kategori sangat valid. Keefektifan diuji dengan pemberian tes dan hasilnya dianalisis dengan uji-t diperoleh hasil bahwa thitung= 5,20 ttabel= 1,699, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul mengidentifikasi informasi teks ulasan berbantuan gambar efektif terhadap ketuntasan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Copyrights © 2023