Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis latar belakang melalui model Pembelajaran Kontekstual Imajinatif di mahasiswa UNPARI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, rekflesi, dengan proses penelitian (1) Meningkatkan kemampuan menulis latar belakang melalui model Pembelajaran Kontekstual Imajinatif di mahasiswa kelas UNPARI (2) merencanakan bentuk tindakan pada siklus 2 berdasarkan hasil rekflesi siklus I. Hasil dari observasi penelitian di kelas berupa aktivitas mahasiswa dalam proses belajar, ditemukan dapat diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis latar belakang pada pra siklus terdapat 16 peserta didik atau sebesar 61,5% yang mencapai nilai di bawah KKM, selanjutnya siklus I dari sejumlah 16 peserta didik terdapat 4 peserta didik atau sebesar 25% yang tidak mencapai nilai KKM, kemudian pada siklus II dari sejumlah 16 peserta didik terdapat 1 atau 6,25% yang tidak mencapai tuntas KKM. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan menulis latar belakang melalui model pembelajaran kontekstual imajinatif mengalami peningkatan yang signifikan baik pada proses pembelajaran, skor rata-rata keterampilan menganalisis dan perubahan perilaku pada mahasiswa UNPARI.
Copyrights © 2024