PeTeKa
Vol 7, No 2 (2024): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran) Publish

VALIDITAS E-MODUL PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI KELAS X MAN 2 SOLOK SELATAN

Zuhrah, Alhady Daffa (Unknown)
Yunita, Alfi (Unknown)
Fitri, Dewi Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi memberi akibat besar bagi kehidupan manusia dan memiliki peran penting pada banyak aspek kehidupan, salah satunya ialah aspek pendidikan terutama pada bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar yang saat ini digunakan pada MAN 2 Solok Selatan masih menggunakan buku paket serta belum mampu membuat peserta didik belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-Modul berbantuan flip pdf profesional pada materi perbandingan trigonometri di MAN 2 Solok Selatan yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp. Tahapan yang digunakan dalam model pengembangan ini adalah preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen yang digunakan pada tahap preliminary research adalah angket karakteristik peserta didik, pedoman wawancara dan angket observasi. Instrumen pada tahap prototyping phase adalah angket evaluasi diri dan lembar validitas. Instrumen pada tahap assessment phase adalah lembar praktikalitas dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa E-Modul berbantuan flip pdf profesional pada materi perbandingan trigonometri yang dikembangkan diperoleh hasil validitas E-Modul sebesar 93,6% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbantuan flip pdf profesional pada materi perbandingan trigonometri di MAN 2 Solok Selatan dinyatakan valid untuk digunakan pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...