Penelitian ini berfokus pada peran orangtua dalam membangun kecerdasan spiritual anak di era milenial 4.0. pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian berdasarkan tempatnya, hal ini merupakan jenis penelitian kepustakaan atau studi pustaka yang memeriksa literatur, khususnya penelitian sebelumnya, jurnal, dan sumber lain yang tersedia di perpustakaan. Keluarga adalah wadah dan tempat pertama anak-anak belajar kecerdasan spiritual anak. Dalam kehidupan, kecerdasan spiritual sangat penting untuk menjalani hidup yang kekal dan damai. Pendidikan spiritual anak adalah mandat Allah kepada setiap orangtua untuk mendidik dan menjadi teladan bagi pertumbuhan spiritual anak-anaknya, karena orangtua mempunyai kewajiban dalam mendidik, mengasuh, membimbing anak-anaknya dalam mencapai langkah tertentu yang membawa anak-anak untuk siap dalam kegiatan bermasyarakat. orangtua harus melakukan hal-hal berikut untuk membangun kecerdasan spiritual pada anak diantaranya: melibatkan anak-anak dalam kegiatan keagamaan, membaca puisi atau lagu yang inspiratif dan spiritual, mengajak anak-anak untuk menikmati keindahan alam, ikut serta dalam kegiatan sosial dan menjadi cermin positif bagi mereka. Kecerdasan spiritual menjadi peranan penting sebagai landasan pendidikan selanjutnya, khususnya dalam menyelesaikan masalah pendidikan pada era 4.0. Karena pada hakikatnya kecerdasan spiritual fitrah manusia memberikan kecerdasan jiwa manusia, yang terkait dengan agama dan aspek tauhid, yang dapat membantu seseorang membangun jati dirinya sebagai manusia sejati.
Copyrights © 2023