Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol. 8 No. 1 (2024): EDUNOMIKA

PENGARUH METODE MENGAJAR GURU TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA DI SDN 005 SAMBALIUNG

Krisnawan, Indra (Unknown)
Nasaruddin, Datuk Muhammad (Unknown)
Zanetti Fritzy, Ikram Nur (Unknown)
Septiadi, Septiadi (Unknown)
Lindriany, Julita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Metode mengajar adalah strategi yang digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan belajar mengajar. Pemilihan dan definisi metode pengajaran yang tepat mengarah pada realisasi tujuan belajar mengajar yang efektif dan efisien. Dalam pembelajaran harus dapat menciptakan pola pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi siswa tidak hanya pada aspek kognitif, tetapi juga aspek afektif dan psikomotor. Selain itu pola pembelajaran yang baik harus bisa mendorong siswa belajar secara optimal. Sikap siswa terkait dengan proses pembelajaran merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Jika siswa bersikap negatif pada Pelajaran tersebut maka siswa tersebut akan menjauhi, menghindari bahkan membenci pelajaran itu, Rasa malas dan jenuh akan melekat pada diri siswa selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif yang memiliki ciri khas penyajian datanya dalam bentuk narasi. Pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, studi dokumentasi dan Teknik analisis data melalui reduksi dan penutupan data. Metode mengajar guru merupakan faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. oleh karena itu, metode mengajar guru memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan sikap belajar siswa yang bisa menarik minat dan mengkonsentrasikan perhatian siswa kepada mata pelajaran yang disajikan oleh guru. Kata kunci : Metode mengajar, sikap siswa sekolah dasar Teaching methods are strategies used as tools to achieve teaching and learning goals. The selection and definition of appropriate teaching methods leads to the realization of effective and efficient teaching and learning goals. In learning, you must be able to create learning patterns that can develop students' potential not only in cognitive aspects, but also affective and psychomotor aspects. Apart from that, a good learning pattern must be able to encourage students to learn optimally. Student attitudes related to the learning process are something that cannot be separated. If students have a negative attitude towards the lesson, the student will stay away from, avoid and even hate the lesson. Feelings of laziness and boredom will stick with the student during the learning process. In this research, researchers used quantitative research which is characterized by presenting the data in narrative form. Data collection using observation, questionnaires, documentation studies and data analysis techniques through data reduction and closure. The teacher's teaching method is a factor that determines student success in the teaching and learning process. Therefore, the teacher's teaching method has a very significant relationship with students' learning attitudes which can attract students' interest and concentrate their attention on the subjects presented by the teacher. Key words: Teaching methods, attitudes of elementary school students

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...