Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) bagaimana cara mengaktifkan mahasiswa dalam pembelajaran trigonometri yang berbantukan macromedia flash 8 pada Program studi pendidikan matematika. 2) bagaimana hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran trigonometri yang berbantukan macromedia flash 8 pada Program studi pendidikan matematika. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa mata kuliah trigonometri tahun akademik 2011/2012. Jenis  penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan alur pelaksanaan tindakan: rencana tindakan Þ pelaksanaan tindakan Þ observasi Þ refleksi Þ rencana tindakan selanjutnya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar tes,  dan foto. Dari penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa 1) Cara mengktifkan pembelajaran trigonometri yang berbantukan macromedia flash 8 pada mahasiswa Program studi pendidikan matematika adalah sebagai berikut : (a) Meminta mahasiswa mengemukakan alasan pemilihan jawaban pada laman contoh dan latihan. (b)Memberi tugas untuk menemukan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya merupakan bentuk pemanfaatan konsep trigonometri.(c) Meminta mahasiswa untuk mempresentasikan tugasnya. (d) meminta mahasiswa mengemukakan pendapat saat pembelajaran. 2) Hasil belajar trigonometri meningkat yaitu dari nilai rata-rata 61,03 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 34,15 % pada siklus1 dan pada siklus 2 mencapai nilai rata-rata 71,34 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 53,66% serta pada siklus 3 mencapai nilai rata-rata 84,00 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 85,37 %. Kata kunci : macromedia flash 8, hasil belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015