Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol. 8 No. 2 (2024): EDUNOMIKA

PERAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BONEHAU KABUPATEN MAMUJU

Sumayya, Nurul (Unknown)
Kaharuddin, Kaharuddin (Unknown)
Jamaluddin, Jamaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini memberi gambaran tentang Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Bonehau Kabupaten Mamuju. Adapun masalah yang di angkat dalam penelitian ini yaitu, 1. Bagaimana gambaran situasi kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 1 Bonehau, 2. Bagaiaman peran lingkungan keluarga dalam mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa dan 3. Bagaimana peran sekolah dalam membantu mengatasi masalah kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Bonehau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena dari sifat data yang dicari atau dikumpulkan bersifat kualitatif. Penelitian kualitatif ini dapat mengungkap dan mendeskripsikan peristiwa-peristiwa riil di lapangan, juga dapat mengungkapkan nilai-nilai tersembunyi dari penelitian ini. Tempat penelitian ini berada SMAN 1 Bonehau Kabupaten Mamuju. Informan secara keseluruhan dalam penelitian ini terdiri dari Sembilan orang, dua orang guru termasuk lima orang tua siswa dan tiga siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu, observasi, wawancara dan dokumenta. Sementara analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis purposive sampling yang dimulai dengan analisis data wawancara, observasi dan dokumen. Hasil dari penelitian Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Bonehau yaitu disimpulkan bahwa secara bersama-sama lingkungan keluarga dan kedisiplinan siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajarnya. Hal ini sesuai dengan kenyataannya bahwa apabila peran orang tua dalam lingkungan keluarga tinggi, kedisiplinan siswa tinggi dan didukung belajar yang tinggi maka hasil belajar siswa tentunya akan meningkat. Apabila dalam lingkungan keluarga mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan tenang maka akan mempengaruhi kedisiplinan siswa dalam belajar baik di rumah maupun di sekolah serta didukung motivasi belajar yang tinggi tentunya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu mendapatkan nilai tinggi selama pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan, belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...