Perkembangan dunia usaha yang dinamis dan penuh persaingan menuntut perusahaan untuk melakukan perubahan orientasi terhadap cara mereka mengeluarkan produk, mempertahankan produknya, menarik konsumen, dan menangani pesaing. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah menarik pelanggan dan dapat mempertahankan pelanggan tersebut. Sekarang ini banyak perusahaan atau organisasi yang telah mengakui pentingnya berorientasi pada pelanggan dalam semua kegiatan pemasaran. Penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian kuantitatif dilakukan dengan cara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan yang tersebar di Indonesia. Tehnik pengumpulan data yang digunakan melibatkan pengiriman kuesioner yang telah menerima 200 tanggapan responden dan metode analisisnya menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini telah menemukan bahwa kualitas produk dan brand image berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Kualitas Produk, Brand Image, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan
Copyrights © 2024