Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja guru terhadap kualitas pelayanan publik kepada siswa di MTs Raudatul Hasanah Nibung Putih. Guru sebagai ujung tombak pendidikan memiliki peran penting tidak hanya dalam proses pembelajaran, tetapi juga dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada peserta didik sebagai bagian dari pelayanan publik di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik deskriptif korelasional. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru yang mencakup aspek kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik kepada siswa. Semakin tinggi tingkat kinerja guru, semakin baik pula persepsi siswa terhadap pelayanan yang diberikan, baik dalam hal komunikasi, kecepatan tanggapan, maupun perhatian terhadap kebutuhan belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa peningkatan kinerja guru menjadi faktor kunci dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas di lembaga pendidikan, terutama dalam upaya menciptakan kepuasan dan kepercayaan siswa terhadap sekolah.
Copyrights © 2026