Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran penemuan menggunakan ICT pada topik konservasi bambu terhadap literasi bahasa dan sains siswa. Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pretest dan posttest matching only. Pesertanya adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian literasi bahasa adalah soal esai, dan literasi sains berupa soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji T. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi bahasa dan sains pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran penemuan dengan media ICT dan siswa yang diajar menggunakan pendekatan konvensional dengan media visual. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran penemuan dengan media TIK terhadap literasi bahasa dan sains siswa, dan (2) terdapat pengaruh interaksi model penemuan dengan TIK bahasa dan literasi sains pada siswa. siswa kelas empat. Disarankan bagi guru sekolah dasar dan peneliti selanjutnya agar model pembelajaran penemuan diadopsi dengan media TIK, karena: (1) literasi sains dapat dikembangkan melalui kemampuan pemahaman atau bagian dari literasi bahasa, dan (2) media TIK sebagai bambu penerapan identifikasi sebagai media pembelajaran dapat menarik perhatian siswa dengan menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.
Copyrights © 2024