Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu
Vol. 5 No. 2 (2025): Juli - Desember 2025

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on The Draw Berbantuan LKPD Snakes and Ladders terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Katolik Padadita

Apu, Yorsi Tamu (Unknown)
Bano, Vidriana Oktoviana (Unknown)
Ndjoeroemana, Yohana (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2025

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk menghadirkan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik secara signifikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Sampel terdiri dari 68 peserta didik, masing-masing 33 peserta didik di kelas VIII A (kelas eksperimen) dan 35 peserta didik di kelas VIII B (kelas kontrol). Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 21. Analisis data mencakup beberapa tahap, yaitu: (1) analisis deskriptif untuk mengetahui distribusi nilai dan rata-rata hasil belajar; (2) uji validitas dan reliabilitas (3) uji normalitas (menggunakan Kolmogorov–Smirnov) dan uji homogenitas varians (menggunakan Levene’s Test), serta (4) uji hipotesis menggunakan dependent sample t-test. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on The Draw Berbantuan LKPD Snakes and Ladders. Berdasarkan penelitian hasil belajar ranah kognitif yang terdiri dari C1, C2, C3 dan C4. Berdasarkan dependent sample t-test diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 untuk kelas eksperimen pada pretest dan posttest, artinya nilai tersebut ? 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on The Draw Berbantuan LKPD Snakes and Ladders terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Katolik Padadita.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal PELITA atau Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu  merupakan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Pelita menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Pembelajaran IPA Terpadu pada pendidikan dasar, ...