Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk menghadirkan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik secara signifikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Sampel terdiri dari 68 peserta didik, masing-masing 33 peserta didik di kelas VIII A (kelas eksperimen) dan 35 peserta didik di kelas VIII B (kelas kontrol). Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 21. Analisis data mencakup beberapa tahap, yaitu: (1) analisis deskriptif untuk mengetahui distribusi nilai dan rata-rata hasil belajar; (2) uji validitas dan reliabilitas (3) uji normalitas (menggunakan Kolmogorov–Smirnov) dan uji homogenitas varians (menggunakan Levene’s Test), serta (4) uji hipotesis menggunakan dependent sample t-test. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on The Draw Berbantuan LKPD Snakes and Ladders. Berdasarkan penelitian hasil belajar ranah kognitif yang terdiri dari C1, C2, C3 dan C4. Berdasarkan dependent sample t-test diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 untuk kelas eksperimen pada pretest dan posttest, artinya nilai tersebut ? 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on The Draw Berbantuan LKPD Snakes and Ladders terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Katolik Padadita.
Copyrights © 2025