Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu
Vol. 5 No. 2 (2025): Juli - Desember 2025

Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis (Fokus Pengembangan Materi Gelombang Bunyi Pada Siswa kelas XI di SMA Negeri 13 Medan)

Manurung, Monica Ladena (Unknown)
Simamora, Pintor (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2025

Abstract

Urgensi Penelitian ini penting untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi gelombang bunyi di SMA guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Fokus penelitian ini mencakup tiga aspek utama, yaitu kelayakan desain modul, kepraktisan, serta keefektifan modul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD), adapun tahapan model ADDIE yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes dan angket.  Subjek penelitian adalah siswa kelas XI 3 IPA. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 13 Medan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Analisis data dilakukan dengan, uji kelayakan (validasi ahli), uji kepraktisan (respon siswa),  dan efektivitas (hasil tes berpikir kritis). wawancara Hasil validasi menunjukkan bahwa modul tergolong sangat layak, dengan nilai rata-rata 88,39% dari ahli media dan 95,29% dari ahli materi. Efektivitas modul terlihat dari peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa, ditunjukkan oleh hasil posttest yang lebih tinggi dibandingkan pretest. Dengan demikian, modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing ini terbukti layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal PELITA atau Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu  merupakan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Pelita menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Pembelajaran IPA Terpadu pada pendidikan dasar, ...