Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen CAAS-PC (Career Adapt-Abilities Scale Planning Career) sebagai alat ukur yang dapat membantu siswa SMA/Sederajat dalam memperkuat perencanaan karir mereka. Proses pengembangan instrumen ini dilakukan dengan menerapkan metode Research and Development (RnD) yang berlandaskan pada model ADDIE, yang mencakup lima tahap, yaitu: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen tersebut terdiri dari 20 butir pertanyaan yang dirancang untuk mengukur dimensi perencanaan karir berdasarkan teori Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) yang dikemukakan oleh Savickas. Uji coba awal dilakukan pada 32 responden dari beberapa sekolah, dan data yang terkumpul dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa semua item memiliki nilai korelasi item-total yang memenuhi kriteria (nilai 0,30), sementara pengujian reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,962, yang mengindikasikan konsistensi internal yang sangat tinggi. Dengan demikian, instrumen CAAS-PC dapat dinyatakan valid dan reliabel sebagai alat ukur yang efektif dalam mendukung proses perencanaan karir siswa di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2025