Berdasarkan hasil penelitian awal di SMP PGRI Kesilir siswa-siswi menunjukkan kedisiplinan dalam belajar yang rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kedisplinan dalam belajar dapat menggunakan beberapa cara yang efektif, salah satunya dengan pemberian layanan bimbingan kelompok. Dalam penelitian ini, peneliti akan memberikan layanan bimbingan kelompok yang merupakan salah satu layanan dari bimbingan konseling. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil peningkatan implementasi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisplinan belajar siswa kelas VIII di SMP PGRI Kesilir. Peneliti memperoleh 10 sampel untuk dijadikan anggota bimbingan kelompok.Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan masingmasing siklus dilakukan 3x pertemuan. Hasil data awal peneliti membagikan angket kepada 16 siswa diperoleh 10 siswa berada di kategori rendah. menunjukkkan bahwa perolehan skor persentase dari 16 siswa sebelum diberi treatment adalah 28% dikategori “Baikâ€, kemudian setelah dilaksanakan siklus I skor persentase sebesar 40% dari 10 siswa dengan 4 siswa yang masuk kategori “Baikâ€. pada siklus II dari 10 siswa terdapat 8 siswa yang tingkat kedisiplinan belajar “Baik†sehingga diperoleh skor persentase sebesar 80%.
Copyrights © 2024