AbstrakPersoalan yang mendasar pada masalah ini adalah bagaimana kemampuan mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi oleh siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Guna menjawab hal ini siswa terlebih dahulu sudah dibekali pengetahuan tentang bagaimana mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi. Tidak cukup dengan itu saja siswa juga harus dibekali dengan ilmu tentang hakikat dan struktur teks biografi.Penelitian ini mesdeskripsikan pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) terhadap kemampuan mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi oleh siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Siswa perempuan berjumlah 187 dan siswa laki-laki berjumlah 100 siswa. Siswa berjumlah 287 siswa. Adanya kontribusi terhadap Siswa Kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat pada uji hipotesis yang dilakukan pada data yang ditemukan, uji hipotesis diperoleh nilai rxy (koofisien korelasi productmoment antara variabel X dan variabel Y) adalah 0, 697 sehingga jika dibandingkan dengan r tabel yakni (0,6970,347) maka hipotesis dalam penelitian ini diterima  Â
Copyrights © 2024