Fungsi manajemen dalam program tahfiz Al-Qur’an di TPQ memiliki peran krusial dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan Islam. TPQ sebagai lembaga Pendidikan nonformal menjadi wadah utama bagi anak-anak untuk mengenal dan mencintai Al-Qur’an, bukan hanya dari sisi membaca tetapi juga menghafalnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manajemen program tahfiz Al-Qur’an di TPQ Darul Falah Tambaksari Kidul, Kembaran, Banyumas. Fokus utama penelitian mencakup lima aspek manajerial, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian, memotivasi, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program tahfiz Al-Qur’an di TPQ Darul Falah menerapkan manajemen program tahfiz dengan baik dan menjadikannya sebagai program unggulan. Santri diwajibkan menghafal mulai dari juz ‘amma hingga mulai juz 1, serta dibekali dengan pembelajaran fiqih. Namun, dalam pelaksanaannya masih menghadapi kendala, seperti kurangnya motivasi santri, lingkungan yang kurang mendukung, serta keterbatasan jumlah tenaga pendidik yang menyebabkan proses pembelajaran kurang optimal.
Copyrights © 2025