Berisi tentang isu dan fokus pengabdian, tujuan berkualitas. Kepala sekolah yang efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan sumber daya manusia, dan meningkatkan partisipasi stakeholder. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun sekolah berkualitas di SMA Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam membangun sekolah berkualitas di SMA Palembang yaitu: Kepemimpinan yang visioner, Kepemimpinan yang transformasional, Kepemimpinan yang kolaboratif. Kepala sekolah bekerja sama dengan seluruh komponen sekolah. Kepala sekolah memiliki keterampilan membangun kerja sama dan menyelesaikan konflik. Penelitian ini memberikan implikasi bagi kepala sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Kepala sekolah perlu meningkatkan kompetensi kepemimpinannya agar dapat membangun sekolah berkualitas. Pemerintah perlu memberikan dukungan kepada kepala sekolah, seperti pelatihan dan pengembangan kepemimpinan. Masyarakat perlu memberikan dukungan kepada kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya.
Copyrights © 2024