Informasi teknologi telah memainkan peran penting dalam mengubah cara layanan bimbingan karir berjalan selama era digital . Tujuan dari penelitian literatur ini adalah untuk melihat bagaimana teknologi berperan dalam menyediakan layanan bimbingan karir di era digital . Studi ini menganalisis publikasi terbaru dari tahun 2021–2024 menggunakan metode observasi literatur sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi teknologi telah mempercepat digitalisasi layanan bimbingan karir; pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan telah meningkatkan personalisasi; dan AR dan VR telah memperluas dimensi eksplorasi karir. Sementara masalah etika dan privasi data muncul, fokus utama adalah pengembangan keterampilan digital. Sepertinya pendekatan hybrid yang menggabungkan layanan online dan offline adalah model yang efektif. Namun, perspektif digital masih relevan, mendorong upaya untuk meningkatkan inklusi. Studi ini menemukan bahwa meskipun informasi teknologi menawarkan peluang karir yang kreatif, keberhasilannya bergantung pada keseimbangan antara inovasi digital dan sentuhan manusia, serta upaya berkelanjutan untuk mengatasi masalah etika, privasi, dan aksesibilitas.
Copyrights © 2024