Kolaborasi merupakan kunci penting dalam penyelesaian tugas-tugas administratif guru. Tugas-tugas administratif pada guru bertujuan untuk memperlancar proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengalaman para guru dalam menemukan solusi sebagai tindakan kreatif untuk menyelesaikan tugas-tugas administrasi. Subyek penelitian ini adalah beberapa guru sekolah dasar swasta di Kota Malang. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan Interpretatif Phenomenological Analysis (IPA). Penelitian ini menggunakan teknik wawancara tatap muka. Data-data yang dihasilkan dianalisis dan didapat tiga data penting. Pertama adalah data terkait jenis tugas-tugas administratif yang harus dikerjakan guru dalam setiap bulan atau tahun selama satu tahun ajaran. Kedua adalah strategi yang diterapkan para guru dalam menyelesaikan tugas-tugas administrasi sekolah. Ketiga adalah bentuk kolaboratif yang dilakukan antarguru dan makna yang diperoleh para guru setelah melakukan tindakan kolaboratif guna menyelesaikan tugas-tugas administrasi sekolah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diharapkan para guru semakin kreatif dalam menjawab tantangan zaman yang kian berubah dalam bidang pendidikan. Sehingga tugas-tugas administratif yang tadinya menjadi beban dapat kian mudah terselesaikan dengan adanya kolaborasi antarguru.
Copyrights © 2024