Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hal-hal yang menjadi latar belakang masyarakat desa Huta Tinggi memilih dali ni horbo sebagai produk OVOP dalam mendukung pariwisata, serta menganalisis strategi masyarakat desa Huta Tinggi dalam upaya mengoptimalkan dali ni horbo sebagai produk OVOP untuk mendukung pariwisata. Metode penelitian yaitu menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan desa wisata telah lama memiliki pengetahuan lokal yang menjadi habitus dalam pengelolaan dali ni horbo dan mengajukannya dalam program OVOP dengan menerapkan beberapa strategi dalam upaya mengoptimalkan dali ni horbo sebagai produk OVOP untuk mendukung pariwisata, yaitu seperti: (1) Kerbau tetap eksis menjadi hewan ternak masyarakat Desa Huta Tinggi; (2) Masyarakat melestarikan pembuatan dali ni horbo; (3) Masyarakat mengikuti kegiatan Kampanye Sadar Wisata; dan (4) Masyarakat turut serta menjadikan dali ni horbo menjadi produk olahan lainnya dan memperkenalkannya melalui media digital.
Copyrights © 2024