Jefri Gallery Bambu merupakan UMKM yang bergerak dibidang kerajinan tangan yang berada di daerah Karawang. Produk yang dihasilkan oleh UMKM Jefri Gallery Bambu berupa pajangan atau peralatan rumah tangga yang berbahan dasar bambu. Untuk dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, pelaku usaha perlu melakukan analisis terhadap kelemahan serta kekurangan dari bisninya. Analisis yang dilakukan berupa IFAS dan EFAS serta SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengesksplorasi bagaimana UMKM Jefri Gallery Bambu dalam menentukan strategi untuk mengembangkan usaha tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan metode SWOT. Data dalam penelitian ini didapatkan dari data primer yaitu dengan melakukan wawancara, observasi serta studi dokumentasi kepada informan terkait. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang dapat digunakan untuk bersaing dengan competitor adalah menggunakan strategi SO (Strenght Opprtunities)Â yaitu strategi peluang menggunakan kekuatan internal perusahaan. Pada strategi ini, perusahaan harus mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan menggunakan kekuatan internal. Strategi yang digunakan adalah (a) Bekerjasama dengan mitra terkait. (b) Lebih aktif dalam mengunggah konten / promosi di media social. (c) Melakukan sertifikasi produk untuk memenuhi standar ekspor. (d) Memaksimalkan E-Commerce yang tersedia dengan cara memasarakan produk melalui online atau website
Copyrights © 2024