NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 11, No 8 (2024): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFE SKILL DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN REJANG LEBONG

Pitrawana, Pitrawana (Unknown)
Sutarto, Sutarto (Unknown)
Warlizasusi, Jumira (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Menanggapi berbagai keanehan yang terjadi di mata masyarakat saat ini, seperti kurangnya kebiasaan dan kepribadian masyarakat, maka pendidikan kemampuan dasar bagi siswa dilaksanakan di MAN Rejang Lebong. Misalnya, banyak anak melakukan perilaku tidak pantas baik di depan umum maupun di sekolah. Motivasi yang melatarbelakangi ulasan ini adalah untuk membahas bagaimana kelas aqidah akhlak MAN Rejang Lebong memanfaatkan pengajaran kemampuan dasar untuk membentuk etika siswa.Untuk mengkarakterisasi atau menggambarkan situasi atau kondisi suatu fenomena, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data meliputi wawancara terhadap siswa, guru, dan pengelola sekolah.Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan individu yang diterapkan di MAN Rejang Lebong, khususnya kemampuan mengenal diri sendiri atau menganggap diri sebagai makhluk hidup dan menyukai pemeriksaan informasi yang teliti. (2) Di MAN, pengajaran kecakapan hidup berfokus pada keterampilan sosial dan keyakinan moral. Kemampuan relasional dan kapasitas kooperatif membentuk Rrjang Lebong. (3) Pada Mata Pelajaran Aqidah Etika MAN Rejang Lebong, komponen pendukung dan penghambat dalam latihan mendidik dan pembelajaran berdampak pada terlaksananya Kemampuan Dasar Persekolahan untuk Membentuk Etika Siswa. Variabel pendukung berikutnya adalah: 1) terdapat mata pelajaran PAI yang ditampilkan secara bebas dalam mata pelajaran tersebut; 2) terdapat senam biasa untuk melatih atau menyelesaikan doa pagi berjamaah dan petunjuk qira ati; 3) kantor dan yayasan yang ada saat ini sudah cukup membantu pelaksanaan pembelajaran, meskipun belum besar, antara lain laboratorium media campuran, perpustakaan, lembaga pengarahan, dan masjid (kantor publik); 4) unsur-unsur yang menjadi penghambat pelaksanaan persekolahan kemampuan dasar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dalam pengembangannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...