Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh strategi mengajar peta konsep terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik bidang studi ekonomi pada materi pokok pasar di kelas X IPS SMA Negeri 4 Padangdisimpuan Tahun Ajaran 2022-2023?â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi mengajar peta konsep terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik bidang studi ekonomi pada materi pokok pasar di kelas X IPS SMA Negeri 4 Padangdisimpuan . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif, merupakan upaya menjelaskan dan mencari gambaran tentang kedua variabel. Berdasarkan hasil perhitungan yang penulis lakukan melaui rumus Korelasi Product Moment diperoleh dengan nilai N = 35 taraf kesalahan 5 % = 0,334 dan 1 % = 0,430 maka, jika rhitung = 0,754 rtabel 0,334 – 0,430. Sesuai dengan ketentuan jika rhitung lebih besar () dari pada rtabel dengan kata lain (0,754 0,334) maka hipotesis alternatif Ha dapat diterima.
Copyrights © 2024