Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa kelas V di UPT SPF SD Negeri Lariang Bangi I melalui penerapan metode dan model Project Based Learning (PJBL). Penelitian ini dirancang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan harapan materi dapat disampaikan secara efektif sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara siklus dan berulang. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas V di UPT SPF SD Negeri Lariang Bangi I, Makassar. Sumber data diperoleh dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi, yang mencakup triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Copyrights © 2024