Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Sistem Pengelolaan Arsip Dinamis Departemen Finance di Kantor Hotel Mercure Ibis Kota Samarinda. Proses tersebut meliputi; Penerimaan Arsip, Penataan Arsip, Pemeliharaan Arsip, Penyusutan Arsip, dan Pemusnahan Arsip. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan arsip dinamis pada Departemen Finance Hotel Mercure Ibis, dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu penerimaan arsip, penataan arsip, penyimpanan arsip, penyusutan arsip dan pemusnahan arsip. Namun dalam pemusnahan arsip belum diberlakukan karena kebijakan dari perusahaan menetapkan bahwa pemusnahan dilakukan jika umur arsip telah mencapai 10 tahun dengan metode pembakaran. Kendala yang dialami dalam pengelolaan arsip dinamis yaitu Sumber Daya Manusia yang mengelola arsip belum memadai karena tidak adanya jabatan maupun petugas khusus. Selain itu, tidak adanya pemeliharaan arsip dalam pengelolaan arsip, serta dilihat juga dari pegawai yang belum sepenuhnya memahami bagaimana cara pengelolaan arsip terutama dalam pemeliharaan arsip.
Copyrights © 2025