Instagram merupakan media promosi paling populer dalam menyebarkan informasi aktual sekolah. Pemanfaatan Instagram perlu disesuaikan dengan visi dan misi sekolah agar mampu memberikan konten edukatif dan informatif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis konten-konten Instagram SMAK Santa Maria Malang berdasarkan aspek kasih, harmoni, dan kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis konten. Analisis dengan metode ini dilakukan untuk mengklasifikasikan konten yang diunggah mulai dari tanggal 1 Oktober 2023 hingga 9 Maret 2024. Dari hasil analisis ditemukan tiga hal menarik. Pertama Instagram resmi SMAK Santa Maria Malang tergolong aktif dalam menyebarkan informasi positif. Kedua, akun Instagram SMAK Santa Maria Malang lebih mengedepankan aspek kreatif dalam intensitas postingannya. Ketiga, konten-konten dengan nilai-nilai kasih mendapatkan respon paling positif dibandingkan nilai lainnya. Temuan ini menunjukkan bahwa sekolah telah memanfaatkan Instagram secara positif. Â Oleh karena itu, praktik baik ini perlu diaplikasikan oleh sekolah lain sehingga dapat memberi pembelajaran penggunaan media internet secara positif kepada siswa.
Copyrights © 2024